2014/05/04

Riview Sinopsis Film Mendadak Dangdut



SINOPSIS FILM MENDADAK DANGDUT
Mendadak Dangdut berkisah tentang Petris (Titi Kamal), seorang penyanyi pop yang sedang naik daun, bersama kakak sekaligus manajernya, Yulia (Kinaryosih). Suatu ketika mereka ditangkap polisi karena didalam mobil yang mereka tumpangi terdapat heroin seberat 5 Kg milik pacar Yulia. Takut akan ancaman hukuman mati membuat mereka akhirnya memutuskan untuk melarikan diri. Dalam pelarian tersebut tanpa sengaja mereka bertemu dengan Rizal, seorang pemain organ tunggal yang baru saja kehilangan penyanyi dangdutnya ketika akan melakukan show disebuah kampung. Petris akhirnya naik pentas untuk bisa mengelabui polisi yang mengejarnya. Dalam perkembangan selanjutnya mereka akhirnya terpaksa tinggal bersama Rizal untuk bersembunyi menghindari kejaran polisi. Selama persembunyian, Petris menjadi penyanyi dangdut dari kampung ke kampung untuk membiayai hidup mereka. Alur cerita serta konflik pun berkembang antara Petris, Yulia, dan orang-orang disekitar mereka. Peristiwa-peristiwa yang mereka lalui pada akhirnya membuat Petris sadar kalau selama ini ia tidak pernah menghargai orang lain.
Dangdut!. Hal pertama yang terlintas dibenak penulis ketika mendengar kata tersebut adalah jenis musik dengan penyanyi bersuara pas-pasan dengan goyang erotis dan kostum yang seksi. Yang kedua adalah ide-ide tentang kalangan masyarakat bawah, kemiskinan dan kesengsaraan. Walaupun saat ini dangdut telah menjelma menjadi musik populer dan tidak lagi selalu dikonotasikan dengan ide-ide tersebut, namun sang sutradara, Rudi Soedjarwo, tetap menggambarkan dangdut seperti kedua hal tersebut dengan cukup pas. Hal ini tampak dalam pemilihan setting, kostum, dan ilustrasi musik atau lagu yang digunakan.
Namun semua hal tersebut menjadi sia-sia ketika konflik serta plot yang dibangun terasa saling bertabrakan dan tumpang tindih. Alur cerita yang tidak logis dan pemaksaan adegan membuat adegan-adegan selanjutnya menjadi tidak berarti. Bila anda mencermati ringkasan cerita pada awal tulisan ini anda pun sudah dapat melihat ketidaklogisan alur cerita, yang dapat dikatakan merupakan kelemahan utama film ini. Selanjutnya, apakah hanya sesederhana itu perlakuan polisi kepada seseorang yang kedapatan membawa 5 Kg heroin? Kenapa Petris dan Yulia harus tinggal bersama Rizal? Apakah mereka tidak memiliki siapa-siapa lagi selain keluarga mereka di Manado? Apakah orang-orang disekitar mereka tidak ada yang mengenali Petris yang notabene adalah seorang penyanyi pop terkenal ? Dan yang paling fatal adalah kenapa pacar Yulia tidak membawa heroin miliknya ketika ia keluar dari mobil ?. Tidak ada penjelasan yang tuntas dari setiap adegan membuatnya seolah terpisah satu sama lain sehingga tidak mampu membangun keseluruhan cerita dengan baik. Seperti kebanyakan film-film kita, dialog serta akting yang lemah juga masih tampak dominan dalam film ini.
Terlepas dari semua kelemahan yang ada, usaha untuk mengangkat tema menyangkut budaya lokal yang sudah mengakar kuat di masyarakat perlu kita hargai. Dengan mengangkat tema lokal membuat beberapa unsur dalam film ini berhasil “masuk” serta “diterima” berbagai lapisan penonton. Keberhasilan tersebut dapat dilihat dari, sebagai contoh, dijadikannya mendadak dangdut menjadi tema party ditempat hiburan kelas atas dan juga menjadi salah satu judul dan tema program acara di salah satu stasiun televisi nasional. Ilustrasi musik atau lagu yang digunakan pun cukup pas sehingga dapat membuat penulis menjentikkan jari untuk mengikuti irama-iramanya. Jablai, salah satu lagu dalam film ini, bahkan hingga saat ini menjadi lebih populer dari filmnya sendiri. Mengutip salah satu lirik dalam lagu Jablai, “Lai lai lai lai lai lai, panggil aku si jablai…” Mendadak Dangdut, benar-benar dangdut! 
                                                                                                      
GEOGRAFI BUDAYA, REPRESENSI, DAN IDENTITAS
Elaine Baldwin et al. (2004:179) mengatakan bahwa geografi budaya bergelut dengan upaya untuk memahami keterkaitan antara manusia dan tempat, dan bahwa geografi budaya bukanlah sekedar upaya untuk menempatkan (locating)budaya pada tempatnya yang pas. Geografi budaya percaya bahwa tempat bukanlah sesuatu yang bersifat independen atau terpisah dari manusia. Justru, tempat tercipta sebagai produk dari kondisi-kondisi sosial tertentu yang menciptakan tempat tersebut (Giles dan Middleton 1999:105).
Selain interprestasi budaya, dalam memahami representasi dan identitas. Representasi, Kathryn Woodward (1997:14) membentuk individu serta menciptakan identitas kolektif suatu masyarakat karena di dalam repsentasi inilah makna diciptakan.
Identitas adalah murni produk dari konstruksi sosial. Identitas selayaknya tidak dipahami sebagai sesuatu yang bersifat tetap dan tidak berubah, namun sebagai “an emotionally charged description of ourselves”(Barker 2000:166).

IDENTITAS, REPSENTASI, DAN PEMAKNAAN DALAM MENDADAK DANGDUT
Film mendadak dangdut diawali dengan adegan patrice menyanyikan lagu pop, yang dikenal luas oleh publik. Dia percaya bahwa identitas dirinya sebagai penyanyi pop dan segala fasilitas dan kemudahan yang bisa ia nikmati merupakan dua hal yang tidak terpisahkan. Hal yang menarik terjadi dalam adegan selanjutnya. Patrice dan Yulia berusaha melarikan diri dari kejaran polisi. Mereka berdua berlari memasuki perkampungan padat penduduk sampai akhirnya tiba dan berhenti di sebuah pertigaan.
Bila kita amati lebih seksama, mereka berdua berlari memasuki perkampungan yang semakin ke dalam semakin buruk dan tidak teratur kondisinya. Hal ini seolah-olah memberi petunjuk pada kita bahwa kini patrice dan Yulia memasuki suatu wilayah baru yang akan menjurus ke hal-hal yang semakin negatif perkenaan dengan identitas mereka.
Hal yang sama terjadi dalam pemaknaan dangdut. Individu-individu yang menjadi para pelaku musik dangdut berada dalam konflik mengenai identitas musik dangdut itu sendiri. Identitas musik dangdut pun merupakan sesuatu yang terpecah, serta dimaknai secara berbeda oleh pelbagai individu yang berbeda-beda.

Tidak ada komentar: