2014/05/03

Riview Film dan Novel

BAB I
PENDAHULUAN
1. Pengarang Tidak Puas
Ernest Hemingway, pengarang Amerika sebagai orang yang sering kecewa jika novelnya diangkat ke layar putih. Motinggo Busye adalah orang yang terdorong untuk terjun ke dunia film karena merasa kecewa dengan scenario (malam jahanam).
 Armijn Pane pun pernah mengalami kekecewaan serupa pada dramanya yuang berjudul antara bumi dan langit. Tidak saja nilai sastranya yang tidak terungkap bahkan jadi rusak sama sekali, Armijn pun tidak bersedia namanya dicantumkan sebagai penulis cerita.
Begitupun dengan Achdiat K. Mihardja, ia menganggap bahwa novel Atheis  belum sepenuhnya terungkap dalam film Atheis  yang di sutradarai oelh Sjuman Djaya(1975). Nama-nama pengarangyang sudah disebut tadi sudah menunjukan adanya persoalan jika sebuah novel di pindahkan ke fim.
2. Penonton kecewa
ketidakpuasan dan kekecewaan tadi tidak hanya datang dari pihak pengarang. Penonton film juga sering kecewa menonton film yang didasarkan pada novel-novel tertentu.
Film Doctor Zhivago yang di sutradarai David Lean. Ketika penulis tanyakan ‘mengapa kecewa’ dan orang itu menjawab Filmnya tidak seindah Docter Zhivago-nya Boris Pasternak. Dalam novel kita temukan bagian-bagian yang halus tetapi dalam film tidak menemukanya.
Begitu pula ketika cerita lupus (karya Hilman Hariwijaya) difilmkan oleh Achiel Nasrun  (1987), sebagian penonton film lupus kecewa karena tokoh poppi menjadi agresif dalam film, sedangkan dalam buku asli tidaklah demikian.
3. Tentang Buku Ini
unsur-unsur yang menjadi tulang punggung sebuah novel, seperti: cerita, alur, penokohan, latar, suasana, gaya, dan tema/amanat. bab III mencoba membicarakan hal-hal yang menyangkut pemindahan novel ke film, yang dalam buku ini disebut ekranisasi.
4. Istilah dan Ejaan
Istilah-istilah asing yang lazim dijumpai di dunia film sedapat mungkin penulis alihkan ke bahasa indonesia. Bila sulit ditemukan padanannya, akan dipakai bentuk aslinya.
Kutipan-kutipan dari novel akan ditulis menurut ejaan bahasa indonesia yang disempurnakan (1972), termasuk kutipan dan novel yang terbit sebelum tahun 1972.


BAB II
NOVEL DAN FILM
1.      Cerita
Menurut Forster, cerita adalah pengisahan kejadian dalam waktu dan cerita adalah basis sebuah novel. Tanpa kehadiran cerita, sia-sialah usaha seorang pengarang untuk berkomunikasi dengan orang lain (pembaca), sebab orang tidak akan menemukan apa-apa dalam novel bersangkutan. Lebih jauh lagi, seseorang tak mungkin menulis novel dengan mengabaikan unsur cerita.
Novel menyampaikan cerita, ide, amanat atau maksudnya dengan pertolongan kata-kata. Oleh sebab itu, kata-kata menempati kedudukan penting dalam novel.
Pada hakikatnya film juga merupakan pengisahan kejadian dalam waktu, tetapi kejadian dalam film tidak berkonotasi pada kelampauan melainkan berkonotasi pada kekinian, pada sesuatu yang sedang terjadi.
2.      Alur
Pada permulaan, biasanya pengarang memperkenalkan tokoh-tokohnya. Tokoh yang satu dihubungkan dengan tokoh lainnya, dari penghubungan ini akan terjadi perbagai persoalan, yang makin lama makin memuncak, kemudian cerita melaju pada peleraian, tokoh-tokoh dalam cerita menempuh jalan atau sikap sendiri-sendiri sampai pada suatu akhir cerita.
Satu hal yang perlu diperhatikan seorang penulis adalah unsur tegangan (suspense). Unsur ini penting untuk memancing rasa ingin tahu pembaca akan kejadian-kejadian selanjutnya.
Disamping itu, sebuah cerita beralur ganda juga mungkin difilmkan dengan catatan waktu putaran film itu akan bertambah panjang, meskipun begitu, hal ini tidak selalu bisa dilaksanakan, mengingat daya tahan mata penonton yang amat sangat terbatas pula.
3.      Penokohan
Menurut Rene Wellek dan Austin Warren, cara paling sederhana untuk mengenali tokoh-tokoh novel adalah dengan pemberian nama. Tidak semua tokoh-tokoh novel mempunyai nama. Misalnya tokoh-tokoh tidak memakai nama, tokoh utama sendiri hanya disebut tokoh kita. Penokohan berfungsi untuk menunjang cerita dan alur.
Film pun mempunyai tokoh-tokoh sebagai pelaku dalam sebuah film. Berlainan dengan cara penampilan tokoh-tokoh dalam novel, film menampilkan tokoh-tokohnya secara langsung dan secara visual. Dari penampilan tokoh-tokoh film secara langsung (visual) itulah penonton mengetahui sifat (watak), sikap-sikap dan kecenderungan-kecenderungan sang tokoh. Disamping itu, orang menonton film tidaklah seperti membaca novel.
4.      Latar
Latar dalam film ditampilkan secara visual melalui gambar-gambar yang bergerak berkelanjutan, sehingga apa yang kelihatan di layar putih seolah-olah sedang terjadi dalam kehidupan sesungguhnya (kehidupan nyata). Apa bila dalam novel orang (pembaca) hanya bisa membayangkan tempat tinggal seseorang, keadaan satu keluarga, keadaan masyarakat, dalam film orang ( penonton) menyaksikannya di depan mata.
5.      Suasana
Sebuah novel tentu mempunyai suasana tertentu. Tindakan tokoh-tokoh akan memberikan petunjuk bagaimana suasana pada saat itu. Latar pun dapat menunjukan suasana tertentu, sehingga cerita terasa lebih hidup.
Dalam membangun suasana cerita, seorang pengarang perlu memperhatikan unsur situasi yaitu cocoknya situasi pada saat itu dengan suasana yang diungkapkan. Sampai disini, suasana dapat disimpulkan, suasana adalah jiwa sebuah novel, ia berfungsi menunjang cerita, alur, penokohan dan latar. Sehingga novel terasa hidup. dalam novel suasana dalam film juga berfungsi menunjang cerita, alur, penokohan, dan latar.
6.      Gaya
Menurut Peter Wollen dalam bukunya signs and meaning in the cinema, gambar-gambar sebgai alat pengucapan film mempunyai tiga dimensi. Pertama, gambar sebgai indeks, kedua gambar sebagai ikon (icon), dan ketiga gambar sebagai simbol (bilangan).
Gambar-gambar sebagai indeks menunjukan masih adanya hubungan objek yang bersangkutan dengan gambar yang ditampilkan di layar putih. Gambar-gambar sebagai ikon menunjukan gambar yang kelihatan di layar putih adalah perwujudan dari objek yang bersangkutan.
7.      Tema/Amanat

Seorang pengarang (novelis) tentu saja mempunyai persoalan tertentu yang hendak dikemukakan atau diutarakan kepada pembaca. Berkaitan dengan tema adalah amanat atau pesan, amanat adalah sesuatu yang menjadi pendirian. Sikap atau pendapat pengarang mengenai inti persoalan yang digarapnya. Dengan kata lain, amanat adalah pesan pengarang atas persoalan yang dikemukakan.

Tidak ada komentar: