2014/02/01

Soft News Review Buku

SASTRA ANAK, BAHASA ANAK

DATA BUKU 

  •  Judul      : Sastra Anak
  • Penulis   : Heru Kurniawan
  •   Penerbit : Graha Ilmu
  •   Cetakan : I , 2009
  •   Tebal     : 186 halaman
  •  ISBN    : 978-979-756-553-4

Ditulis oleh seorang pengajar tetap di Sekolah Tinggi Agama Islam Negri (STAIN) Purwokerto, buku ini membahas tentang sastra anak: dalam kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, hingga Penulisan Kreatif. Lewat sastra anak bisa mendapatkan pendidikan yang menyenangkan seperti cerita sangat efektif dalam  menanamkan nilai moral dan edukasi pada anak.


OLEH MIA PRATIWI

K
enyataan menunjukan bahwa karya sastra merupakan bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan anak, karena dengan dunianya anak yang penuh dengan imajinasi menjadi begitu bersahabat dengan sastra (cerita) karena dalam cerita dunia imajinasi anak bisa terwakili.


 Mengenalkan sastra pada anak

Dengan melalui karya sastra juga bisa meningkatkatkan kecerdasan kognisi, afeksi, dan psikomotor anak karena dalam karya sastra ada kehidupan yang menawarkan nilai-nilai moral yang baik untuk perkembangan pikiran dan perasaan anak. Dalam hubungannya kecintaan anak terhadap karya sastra dapat meningkatkan hobi dan kesukaan anak pada membaca, yang akhirnya dapat meningkatkan kebiasaan membaca (reading habit) anak, dan kebiasaan membaca ini merupakan kunci untuk menguasai ilmu pengetahuan apapun, karena semua ilmu pengetahuan bisa dipelajari dengan membaca.

Karya sastra mempunyai andil besar dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Dengan kesandaran inilah, karya sastra menjadi bagian penting yang perlu dikaji, sehingga kemajuan kecerdasan anak bisa terus ditingkatkan dengan meningkatkan mutu cerita dan pengajaran pada para pengajar khususnya dan orangtua pada anaknya.

Maka penulis, lewat buku ini ingin mencoba berpartisipasi memberikan pengetahuan tentang sastra anak. Saya menyebut buku ini sebagai “Pengantar” karena masih bersifat mengantarkan pembaca pada :
  1.           Penjelasan seputar hakikat dunia sastra anak;
  2.          Kajian teori sastra, yang menekan pada pendekatan strukturalisme, semiotika, dan sosiologi sastra;
  3.         Aplikasi teori dalam menganalisis karya sastra anak: puisi, cerita dan gambar ;dan
  4.         Kiat berproses kreatif dalam menulis cerita anak.
Dengan sifatnya yang “pengantar”, maka buku ini menjadi penting bagi yang ingin memahami dunia sastra, khususnya sastra anak, seperti para mahasiswa, pengajar yang kesehariannya berhubungan dengan anak-anak yang tidak bisa lepas dari karya sastra sebagai bahan pengajarannya (hal 3).
Dengan melihat pentingnya sastra terhadap perkembangan anak,  maka pada masa sekarang ini, banyak orangtua yang lebih memilih memperkenalkan kepada anak-anaknya sejak dini pada dunia cerita. Orangtua lebih senang melihat anak-anaknya belajar dan  bermain dengan buku-buku bacaan daripada dengan media lain, misalnya game, gadget, televise dan barang-barang elektronik lainnya. Cerita dalam majalah dan buku-buku dipersepsi orangtua lebih mendidik.
Ironisnya, keberadaan buku yang mengkaji dan membahas sastra anak masih relative sedikit yang padahal, buku teori dan kajian sastra terhadap sastra anak  menjadi elemen penting dalam meningkatkan apresiasi anak terhadap sastra lebih dini.
Dengan latar belakang seorang pengajar di Sekolah Tinggi Agama Islam Negri (STAIN) juga aktif mengelola BENIH INSTITUT, sebagai lembaga kajian sastra, agama, dan budaya. Penulis juga berpartisipasi memberi pengetahuannya dan membag pengalamannya dalam mengajarkan sastra anak pada siswa dengan baik.
MIA PRATIWI
Mahasiswi Universitas Pamulang
Fakultas Sastra Jurusan Bahasa Indonesia


Tidak ada komentar: