2014/01/28

Soft News Review Buku

“Mengajak Menulis, Melalui Buku”

Dalam buku ini penulis mengajarkan bahwa menulis itu merupakan kebutuhan pokok yang amat penting, dan jadikanlah menulis sebagai tradisi. Buku ini bercerita mengenai teori, teknik, kiat menulis artikel, dan teknik menulis tajuk rencana.

OLEH NENENG KHOIRUNNISHA

Bagi pemula, menulis artikel adalah jalan terbaik untuk belajar menulis. Dalam buku ini, akan terungkap cara-cara menulis artikel  yang kelak bisa membentuk karakter tulisan. Dalam membuat artikel, jangan terpaku dengan aturan-aturan baku kepenulisan selain ejaan yang sudah diakui kebenarannya. Biasakanlah artikel yang dibuat sesuai dengan dunia anda.

Menulis Tanpa Henti!
            Penulis kelahiran tanggal 28 Maret 1962  kota Sumedang ini, mengajarkan kita tentang pentingnya menulis, bahkan menurutnya “Menulis adalah kegiatan produktif dan ekspresif kaum intelektual di mana pun. Dalam kehidupan modern dewasa ini, tak seorang pun dari kita bisa mengelak dari tulisan. Setiap hari kita dibombardir dengan jutaan informasi yang dikemas melalui tulisan media massa. Kita memilih sesuka hati kita, menerima dan bahkan menikmatinya. Lewat tulisan, pengetahuan kita bertambah, wawasan kita makin luas, daya analisis kita makin tajam, sikap kita makin bijak, rasa kemanusiaan kita makin peka, dan keputusan serta tindakan kita pun makin menuju ke arah yang benar.” Dapat kita ketahui begitu besar motivasi penulis dalam buku Menulis Artikel Dan Tajuk Rencana ini. Penulis termotivasi dari mahasiswanya sendiri, sejak menjadi dosen Jurnalistik, “Saya ingin berbagi ilmu dan pengalaman dengan para mahasiswa, karna menjadi jurnalis profesional harus dibekali paling tidak dengan tiga kemampuan dasar: intelektual, moral, dan mental” (Hlm. 161). Maka dari itu Penulis ingin menyampaikan bahwa belajar menulis tidaklah sulit, jika kita mau beranjak untuk segera menuliskannya.

Buku Yang Informatif
            Buku Menulis Artikel Dan Tajuk Rencana  ini, merupakan buku yang telah dilengkapi bahasan sedemikian luas dan mendalam, tentang berbagai aspek menulis artikel. Buku ini memang masih langka dan banyak dibutuhkan. Buku yang sedikit tebal ini, mencakup seratus enam puluh satu halaman. Yang mengupas tuntas mengenai definisi pengertian artikel, menulis artikel, syarat mengirim artikel, teknik menulis tajuk rancana, dan karakteristik pers. Inilah buku yang sangat informatif dan sekaligus mampu membangunkan imajinasi, yang sudah lama ditunggu-tunggu berbagai kalangan. Buku ini disajikan dalam bahasa yang memikat, lincah, segar, dan mudah dicerna. Buku ini sangat bermanfaat terutama bagi para mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu yang menyukai tradisi intelektualisme dan pencerahan, mahasiswa jurusan jurnalistik, humas, praktisi media massa, praktisi humas, peneliti, intelektual, cendekiawan, ilmuwan, dosen, politisi, aktivitis, guru pada semua jenjang pendidikan, serta siapa saja yang memiliki hasrat besar mengembangkan minat dan bakatnya menjadi penulis dan jurnalis.
NENENG KHOIRUNNISHA
Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia
Fakultas Sastra
Universitas Pamulang

Tidak ada komentar: