2013/04/27

DESKRIPSI RUANGAN, POLA OBSERVASI MENURUT PENGEMBANGAN SPASI




RUANG PERPUSTAKAAN YANG INDAH

Saat kubuka pintu perpustakaan disebuah Universitas Pamulang, udara sejuk serta segar seketika yang aku rasakan. Rasa sejuk ini berasal  dari sebuah alat pendingin yang bernama AC. Siapa pun orang yang masuk pasti mereka akan merasakan udara yang sejuk dan tenang yang tergambarkan suasana di perpustakaan. Ruangan ini begitu rapi,  bersih, dan indah, ruangan yang berlantaikan dua ini memiliki luas kira-kira sepuluh kali lima belas meter ini dipenuhi  dengan berbagai macam buku-buku. Disetiap sudut ruangan perpustakaan ini terdapat rak buku untuk menempatkan buku-buku disana, buku-buku tersebut disusun dengan sangat rapi  berdasarkan kategori  buku atau pelajaran. Dan diatas ruangan ini terdapat lampu-lampu yang indah yang dapat menerangi dan mempercantik ruangan ini.
Disamping tembok terdapat berbagai foto-foto pahlawan, peta Indonesia, Dunia dan tempelan tempelan peringatan, seperti dilarang bicara keras-keras, dilarang makan di area perpustakaan dan dilarang merokok. Disetiap ruangan ini terdapat juga beberapa bangku dan meja yag biasa dipakai oleh para mahasiswa untuk belajar dan membaca buku yang mereka pinjam. Ada juga beberapa fasilitas disana seperti seperangkat komputer yang sudah terkoneksi dengan internet.
Ketika ku arahkan pandangan kedepan perpustakaan, aku melihat sesosok lelaki muda yang sedang mencatat nama mahasiswa yang meminjam buku diperpustakaan, terlihat diatas meja kerja lelaki itu sangat rapi dan tertata keraoihan meja kerh=ja itu mungkin mencerminkan bahwa sang penja perpustakaan itu sosok orang mencintai kebersihan dan kerapihan.
Tepat dipinggir tembok jendela yang dihiasi gorden dengan warna senada dengan waran cat perpustakaan. Dari balik gorden itu kita bisa melihat aktivitas para mahasiswa diluar kelas. Disebelah jendela terdapat beberapa majalah, artikel, koran dan lain-lain yang tergantung dengan rapi berdasarkan namanya. Didalam perpustakaan juga terdapat loker yang bisa digunakan para mahasiswa untuk menaruh sesuatu, dan terdapat sebuah ruangan kecil yang biasa dikatakan toilet.
Dua lemari besi abu-abu tepat disebelah badanku yang menempel didinding perpustakaan ini adalah tempat penyimpanan semua surat-surat dan buku-buku yang penting. Walaupu lemari besi itu sudah cukup tua tapilemari ini masuih terlihat bagus. Disetiap pintu rak buku bertuliskan buku apa saja yang tersimpan didalamnya

1 komentar:

Ruang Kata-kata mengatakan...

Perhatikan penulisan di! Banyak sekali terdapat kesalahan penulisan di-